Daftar Situs Yang Diblokir Kominfo 2022 [UPDATE]

Bangnazir.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memenuhi janjinya mengenai Daftar Situs Yang Diblokir Kominfo 2022. Untuk memblok basis digital yang tidak lakukan registrasi dan patuhi ketentuan Pelaksana Mekanisme Electronic (PSE) Cakupan Private.

Penutupan basis digital yang tidak lakukan registrasi sampai tenggat akhir dilaksanakan mulai Sabtu, 30 Juli 2022 jam 00.00 WIB semalam.

Berikut daftar situs yang terancam dikunci Kominfo hari ini:

– Amazon.com

Yang belum tau simak penjelasan singkat ini Amazon.com ialah perusahaan perdagangan multinasional yang berbasiskan electronic dan jadi online shop paling besar di dunia yang sediakan beragam tipe produk, dimulai dari buku, barang electronic, keperluan rumah tangga, game, handphone, dan sebagainya.

– Paypal

PayPal sebagai rekening virtual yang sediakan service jasa transfer dan pembayaran lewat cara online. PayPal mempunyai jaringan yang kuat dan layani beragam transaksi bisnis keuangan antara negara, di mana segala hal itu sudah dilaksanakan dengan memakai surat electronic lewat cara online.

Update 30 Juli 2022 situs Paypal sudah tidak bisa dibuka lagi seperti foto di bawah ini.

Daftar Situs Yang Diblokir Kominfo 2022

– Yahoo

Yahoo! ialah sebuah perusahaan internet terkenal yang terpusat di Sunnyvale Amerika Serikat. Dibangun oleh Jerry Yang dan David Filo di bulan Januari 1994 dan sah dibuat pada 1 Maret 1995. Yahoo! adalah website paling besar di Amerika Serikat

BACA JUGA:  Kenapa Registrasi Pedulilindungi Gagal

– Bing

Bing sebagai situs mesin perayap untuk pemakai yang tak perlu lakukan pemencetan link kembali, tapi pemakai perlu arahkan cursor pada link itu untuk tampilkan kotak detil. Kotak detil ini jadikan pemakai bisa memerhatikan sepintas info mengenai link itu.

Daftar Game Online Yang terancam di Blokir Kominfo

  • Epic Game
  • Steam
  • Dota
  • Konter Strike
  • Battle.net
  • Origin (EA)

Beberapa situs dan games online masuk daftar yang hendak dikunci oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), bila mereka belum mendaftarkan sebagai Pelaksana Mekanisme Electronic (PSE) Cakupan Private sampai malam nanti jam 23.59 WIB.

Mereka terhitung situs dan games terkenal seperti Amazon e-commerce, Steam, Epic Game, dan DoTa.

“Dari 12 yang tempo hari telah disurati, ada 10 yang kami masih menanti dan dua telah mendaftarkan. Kami tunggu hingga kelak jam 23.59,” tutur Dirjen APTIKA Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan saat Media Gathering Kominfo ‘Literasi Digital dan Membuat Ruangan Digital Kondusif’ di Jakarta, Jumat 29 Juli 2022.

“Iya (mulai Sabtu jam 00.00) itu dari mesin (pemblokiran), tidak dari manusia,” paparnya.

Awalnya Kominfo sebenarnya telah tutup registrasi PSE pada 20 Juli kemarin. Tetapi, Kominfo memberi tambahan waktu lima hari kerja untuk basis digital yang belum tercatat, terhitung mulai dari 21-27 Juli jam 23.59 WIB.

Tetapi menurutnya, butuh waktu untuk klarifikasi ke instansi hingga butuh waktu tambahan dan surat yang dikirimkan baru diolah Senin (25/7). Semmy juga menghaturkan permintaan maaf untuk beberapa pemakai situs atau games online itu.

BACA JUGA:  Apa itu KOMCAD? Cara Mendaftar dan Besaran Gajinya

“Jika yang belum mendaftarkan sampai 23.59, saya satu kali lagi mohon maaf pada warga untuk service ini sampai mereka lengkapi registrasi, tidak dapat dijangkau dari Indonesia. Kami masih tetap menanti mereka mendaftarkan dan ajukan normalisasi.” ujarnya.

Pengamatan KompasTekno, Sabtu pagi, ada tujuh service internet, games, dan basis distribusi games yang sudah dikunci Kominfo awal hari ini. Berikut daftar situs dan program yang dikunci Kominfo:

Ke-7 basis digital itu mulai dikunci Kominfo karena belum daftarkan diri ke Kominfo sesudah dikirimkani surat peringatan. Kewajiban registrasi ini sebagai instruksi Ketentuan Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2020 mengenai Pelaksana Mekanisme Electronic (PSE) Cakupan Private.

Dalam peraturan PSE Kominfo itu, jika tidak selekasnya mendaftarkan sama sesuai tenggat yang ditetapkan, PSE Cakupan Private akan dipandang ilegal dan akses servicenya dapat dikunci di Indonesia.

Service keuangan PayPal sebetulnya telah lakukan registrasi dan telah terdaftar pada halaman PSE Kominfo (pse.kominfo.go.id). Tetapi, PayPal terlihat tidak dapat dijangkau alikasi terblok dan justru terdaftar sebagai situs terlarang di website Kepercayaan Positif Kominfo.

PayPal kelihatannya baru daftarkan diri pada Jumat malam, sesudah Kominfo memutuskan service itu sebagai salah satunya PSE yang belum mendaftarkan.

Penutupan belum merata

Pengamatan KompasTekno, situs dan program yang dikunci Kominfo itu tidak dapat dijangkau saat memakai akses internet mobile jenis by.U, Telkomsel, dan XL Axiata.

BACA JUGA:  WhatsApp Error Hari Ini 4 Oktober 2021

Berikut cara buka Situs seperti Paypal dan Platform Gaming Yang diblokir Oleh Kominfo

cara buka Situs seperti Paypal dan Platform Gaming Yang diblokir Oleh Kominfo

Begini solusi bagi kamu apabila ingin tetap mengakses situs yang sudah di blokir oleh kominfo 30 Juli 2022? Cara mengatasinya yaitu dengan menggunakan layanan VPN, berikut penjelasan dari Bangnazir.com

Layanan VPN yang bisa digunakan adalah 1.1.1.1 dari Cloudflare yang bisa diinstal ke Smartphone dan juga Komputer. Berikut cara instal dan langkah-langkahnya di bawah ini:

  • 1111 merupakan fitur by cloudflare
  • Langsung unduh Aplikasinya bisa dengan buka situs ini https://cloudflarewarp.com/
  • Sesuaikan dengan perangkat yang kamu pakai, tersedia untuk App Store, Google Play, macOS, Windows dan Linux.
  • Setelah proses download selesai langsung Instal Aplikasinya dan setelah itu masuk ke setting
  • Open Aplikasi 1.1.1.1 kemudian Aktifkan
  • Set Tanpa perlu aktifkan warp. Cara ini bertujuan supaya lokasi kamu tetap terdeteksi berada di Indonesia.

Demikian informasi Daftar Situs dan game online yang diblokir kominfo 2022. Sekaligus cara atau solusi untuk membuka situs atau platform game yang sudah di blokir Kominfo menggunakan VPN.