7 Cara Diet Ibu Menyusui Tanpa Mengurangi Asi

7 Cara Diet Ibu Menyusui Tanpa Mengurangi Asi

7 Cara diet ibu menyusui tanpa mengurangi asi – Saat perempuan berada di fase hamil dan melahirkan, biasanya banyak perubahan terjadi pada tubuh perempuan, seperti berat badan. Berat badan akan terus bertambah sesuai perkembangan si kecil dalam perut. Saat fase tersebut sudah berhasil terlalui, para perempuan pasti langsung berfikiran untuk melakukan diet.

Namun biasanya hal itu tidak jadi dilakukan karena masih dalam fase menyusui. Kamu pasti lebih memikirkan tentang kondisi si kecil daripada kondisi tubuhmu sendiri. Saat fase menyusui, kalori yang dibutuhkan ibu menyusui sangatlah banyak agar dapat mengahsilkan asi berkualitas bagi si kecil. Hal itu biasanya menjadi penyebab tubuhmu lebih bertambah daripada saat hamil.

Cek juga Rahasia Diet Ibu Menyusui Tanpa Mengurangi ASI

7 Cara Diet Ibu Menyusui Tanpa Mengurangi Asi

7 Cara Diet Ibu Menyusui Tanpa Mengurangi Asi

Meskipun saat menyusui, perempuan tetap bisa melakukan diet loh. Tetapi diet yang dilakukan harus berupa diet sehat yaitu dengan mengkonsumsi makanan banyak gizi serta bernutrisi. Tidak boleh diet dengan mengkonsumsi obat-obat diet dari bahan kimia ataupun herbal karena bisa saja dapat mempengaruhi tumbuh kembang si kecil.

Begini 8 cara diet ibu menyusui tanpa mengurangi asi. Simak 8 tips ini dengan seksama ya, agar pertumbuhan si kecil tetap terjaga dan bonusnya berat badanmu juga lebih berkurang tanpa mengurangi jumlah produksi asi bagi si kecil. Bila asimu terjaga si kecil pun juga bahagia.

BACA JUGA:  Inilah Penyebab Siklus Haid Tidak Teratur dan Cara Mengatasinya

1. Memperbanyak Minum Air

Cara diet ibu menyusui tanpa mengurangi asi yang pertama yakni memperbanyak minum air putih. Konsumsi air dalam kadar banyak dapat mencegah ibu menyusui dehidrasi. Air juga berguna untuk melarutkan nutrisi dan gizi agar mudah dialirkan ke seluruh bagian tubuh.

Aturan minum air bagi ibu menyusui umumnya 2 sampai 2,5 liter dalam sehari. Akan tetapi juga dapat disesuaikan sesuai keadaan dan kebutuhan, seperti saat cuaca sedang sangat terik. Dengan minum air yang banyak juga sebagai pencegahan agar kamu tidak makan secara berlebihan karena bisa membuat berat badanmu semakin naik.

2. Makan Sering Tapi Sedikit

Porsi makan lebih sedikit dan sering makan menjadikanmu lebih tahan lama kenyang. Terpenting lagi kamu tidak boleh sampai melewatkan sarapan. Saat tubuh tidak sarapan, maka tubuh akan berpotensi makan dengan jumlah porsi besar di jam makan selanjutnya. Selain itu, waktu jeda makan yang terlalu lama biasanya berpengaruh terhadap produksi asimu lho.

Aturan terbaik makan bagi ibu menyusui yaitu dengan 3 kali makan besar di pagi, siang, dan malam hari. Ibu menyusui boleh makan camilan maksimal 3 kali dalam sehari. Di setiap makan besar kalorinya bisa sekitar 300 sampai 500. Sedangkan untuk setiap makan camilan kalorinya sebesar 150.

3. Memperhatikan Asupan Makanan

Memperhatikan asupan makanan merupakan cara diet ibu menyusui tanpa mengurangi asi selanjutnya. Saat menyusui diperlukan energi berlebih untuk memproduksi asi eksklusif. Maka asupan makanan yang masuk pada tubuh harus lebih diperhatikan ya bunda.

BACA JUGA:  7 Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Ibu Hamil Terbaru

Sebenarnya saat ibu menyusui eksklusif secara otomatis juga menurutkan berat badanmu. Mengapa demikian? karena asi ekslusif diproduksi dengan menggunakan asupan lemak pada tubuhmu. Tetapi meskipun banyak mengurangi lemak serta kalori dalam tubuh, juga dapat menjadikanmu mudah lapar. Tetap perhatikan jumlah kalori makanan yang kamu konsumsi yaa.

4. Menyusui Sesering Mungkin

Banyak penelitian menyebutkan bahwa menyusui eksklusif bermanfaat sekali bagimu dan si kecil. Saat menyusui, nutrisi yang diperlukan si kecil terpenuhi sekaligus kamu dapat nilai plusnya yaitu dapat membantu menurunkan berat badanmu lho. Menyusui sesering mungkin menjadikan produksi asimu produksi semakin banyak pula.

Carilah posisi senyaman mungkin agar proses menyusui lebih mudah. Selain menyusui secara langsung, kamu bisa memakai alat bantu pompa agar lebih membantumu untuk memproduksi asi. Simpan asi dengan secara tepat agar asi yang diberikan kepada si kecil tetap terjamin kualitasnya.

5. Tidur Yang Cukup

Cara diet ibu menyusui tanpa mengurangi asi selanjutnya yakni dengan tidur cukup. Saat perempuan pertama kali menjadi seorang ibu pasti tidur merupakan hal sulit baginya. Padahal porsi istirahat atau cukup tidur sangat berpengaruh terhadap penurunan berat badanmu. Dengan tidur yang cukup akan merilekskan tubuhmu.

Waktu tidur yang dibutuhkan di setiap harinya yaitu 7 jam sehari. Istirahat cukup membuat organ tubuhmu bekerja stabil serta badan tetap sehat bugar. Jika tidurmu kurang lalu tubuhmu kelelahan, hormon stres dalam tubuhmu akan keluar, ini dapat memicu kenaikan berat badanmu.

BACA JUGA:  Menu Diet 1 Minggu Turun 10 kg Tanpa Olahraga Terbaru 2021

6. Dilarang Stres

Bagi perempuan, saat pertama kali menjadi ibu pasti memiliki banyak pikiran baik itu tentang bayinya taupun tentang berat badannya. Hal itu dapat menjadikan ibu baru tersebut stres, apalagi kalau ibu baru sering memikirkan omongan orang tentang dirinya ataupun bayinya.

Stres yang terjadi dapat menyebabkan menjadi pengaruh dalam produksi asi mu lho bunda. Selain itu akan menjadi pemicu kenaikan berat badanmu. Karena saat sedang stres, orang akan cenderung sedikit melakukan aktivitas dan cenderung mengkonsumsi makanan kurang sehat.

7. Olahraga Ringan

Berolahraga ringan juga merupakan cara diet ibu menyusui tanpa mengurangi asi. Meski dalam keadaaan sibuk merawat bayimu ataupun urusan rumah tanggamu, kamu harus tetap menyempatkan untuk berolahraga meskipun hanya 30 menit per hari. Tidak disarankan buatmu melakukan olahraga berat seperti ngegym terlebih dahulu.

Kamu tidak perlu melakukan olahraga berat agar berat badanmu berkurang. Olahraga ringan dengan teratur saja sudah cukup dan tidak kalah pentingnya dengan memperhatikan asupan makanan pada tubuhmu. Dengan olahraga tubuhmu akan rileks sekaligus bisa tidur dengan nyenyak.

Akhir Kata

Nah, itu tadi 7 cara diet ibu menyusui tanpa mengurangi asi yang dapat dicoba. Kamu boleh saja memperhatikan berat badanmu pasca melahirkan tetapi tetap berikan sesuatu hal terbaik bagi kebutuhan bayi anda. Karena tidak mudah menjadi seorang ibu, apalagi para perempuan yang baru saja menjadi ibu. Terimakasih.