Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya Dengan Tepat

Jenis jerawat dan cara mengatasinya-Disini kita akan menjelaskan tentang jenis jerawat dan cara mengatasinya. Jerawat pada umumnya akan menjadi masalah utama bagi setiap orang, apalagi bagi setiap orang yang mengutamakan penampilan.

Bayangkan ketika kamu mempunyai masalah jerawat tapi salah langkah dalam mengatasinya? pastinya kamu akan kurang percaya diri ketika bertemu banyak orang. Oleh sebab itu, Kenali jenis jerawat dan cara mengatasinya disini. simaklah ulasan dibawah ini.

JENIS JERAWAT DAN CARA MENGATASINYA.

1.JERAWAT BLACKHEADS

jenis jerawat dan cara mengatasi komedo hitam

Jerawat blackheads atau biasanya disebut komedo yang berwarna hitam, biasanya komedo ini muncul pada didaerah hidung. komedo hitam ini disebabkan karena tersumbatnya pori pori yang disebakan oleh minyak yang berlebihan.

Mungkin banyak orang yang tidak peduli terhadap kehadiran blacheads ini, padahal jika dibiarkan akan menimbulkan masalah baru pada wajah. Berikut cara mengatasi jerawat blackheads:

  1. Mencuci wajah dengan sabun anti komedo sebanyak 2 kali sehari.
  2. Jangan memencet komedo atau mencungkilnya, karena dapat menimbulkan luka.
  3. Jangan mengosoknya terlalu kencang pada kulit anda.
  4. Sebaiknya anda mengunakan krim wajah dengan kandungan salicylic acid, resorsinol, atau benzoyl peroxide.

Atau anda juga bisa menggunakan bahan alami dengan beberapa bahan dibawah ini;

1. Putih telur, cara mengaplikasikannya sebagai berikut;

  • Siapkan putih telur.
  • Anda bisa menambahkan madu jika ada, jika tidak ada tidak apa apa.
  • Oleskan pada daerah yang terdapat komedo.
  • Lalu lapisi dengan tissu.
  • Lakukan hingga dirasa cukup tebal.
  • Tunggu beberapa menit, kemudian bilas.

2.Pasta gigi dan garam, cara menggunakannya sebagai berikut;

  • Siapkan pasta gigi.
  • Tuang dalam mangkok secukupnya.
  • Kemudian tambahkan sedikit garam, aduk hingga rata.
  • Oleskan pada daerah yang berkomedo.
  • Tunggu beberapa menit, kemudian bilas.

2. JERAWAT PUSTULA

jenis jerawat dan cara mengatasi pustula

Adalah jerawat yang terdapat nanah didalamnya. Biasanya jerawat ini berukuran besar dari komedo putih dan terlihat kemerahan pada sekelilingannya.

Jerawat ini disebabkan oleh tersumbatnya pori pori oleh nanah, sel kulit mati dan minyak yang berlebihan. Jerawat ini biasanya muncul pada daerah wajah, punggung, dan dada. jerawat ini sering dialami oleh remaja.

Cara mengatasi jerawat pustula, sebagai berikut;

  1. Perawatan topikal dengan krim atau gel yang  diperjualkan bebas diapotek atau anda bisa berkonsultasi dengan dokter supaya mendapatkan obat yang sesuai.
  2. Obat minum, selain dengan perawatan diluar anda bisa meminum obat antibiotik seperti eritromisin, minosiklin, doksisiklin dan tetrasiklin yang dipercaya untuk mengatasi jerawat.
  3. Anda bisa terapi fotodinatik, ialah modalitas terapi nonbedah yang minimal invasif. Dengan menggunkan cahaya yang aktif untuk obat fotosensitiser yang digunakan untuk pengobatan kanker.
  4. Memakai pembersih wajah yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat.

CATATAN PENTING

Jangan sekali kali anda memencet atau mengeluarkan nanah yang ada pada jerawat pustula ini. Karena dapat mengakibatkan memperburuk wajah anda dan akan lama juga masa mengobatannya. Gunakan perawatan yang sesuai seperti skincare yang tepat.

3. PAPULA

jenis jerawat dan cara mengatasinya papula

Jenis jerawat ini sering muncul bersamaan dengan jerawat pustula. Jerawat papula merupakan jerawat yang berupa benjolan besar dan berwarna merah pada kulit. Jerawat ini disebabkan oleh karena infeksi yang disebabkan oleh bakteri propionibacterium dipermukaan kulit yang mengakibatkan tersumbatnya pori pori dan produksi sebum atau minyak yang berlebih dan terlalu banyak memakan makanan manis.

Cara mengatasinya pun cukup mudah dan bisa dilakukan dirumah;

  1. Rutin membersihkan wajah dengan tepat.
  2. Hindari make up yang berlebihan.
  3. Gunankan skincare yang tepat.
  4. Jangan sekali kali anda memencet jerawat.
  5. Obati jerawat dengan obat jerawat tanpa resep dokter tau dengan bahan alami seperti pasta gigi dan minyak kayu putih.
  6. Jagalah kebersihan rambut anda.

3.KOMEDO PUTIH

Biasanya komedo putih atau whiteheads ini terlihat seperti benjolan kecil dan berwarna putih yang menutupi pori pori. Penyebab terjadinya komedo putih atau whiteheads ini adalah karena ada perubahan hormon. Yaitu pada masa menstruasi dan pubertas, karena jumlah minyak yang berlebih yang menyumbat pori pori yang dapat menimbulkan komedo putih.

Cara mengatasinya pun cukup mudah, sebagai berikut;

  1. Rutin membersihkan wajah.
  2. Hindari memencet atau mencungkil komedo.
  3. Gunakan obat jerawat untuk mengurangi produksi minyak dengan kandungan asam silasilat, retinoid dan benzoil peroksida.
  4. Gunakan tabir surya ketika akan beraktivitas diluar rumah.

Anda dapat menggunakan bahan alami untuk mengatasi, sebagai berikut;

  • Masker lemon madu.
  • Masker Bubuk kopi.
  • Lidah buaya.
  • Putih telur.
  • Kompres dengan e sbatu

5. NODUL

Nodul adalah kondisi yang ditandai dengan munculnya lesi yang memiliki tekstur yang keras dan menimbulkan rasa sakit dibawah kulit. Sehingga nodul ini ukurannya lebih besar dari papula, karena nodul berisi nanah dan darah kotor yang banyak sekali.

Sehingga jerawat nodul tidak bisa dianggap remeh karena nodul tidak hanya tumbuh diluar kulit tapi didalam juga. Cara mengatasi jerawat nodul, sebagai berikut;

  1. Dengan antibiotik, seperti tetracyline ini dipercaya ampuh  untuk mengatasi penghambatan bakteri dan membunuh pertumbuhan bakteri.
  2. Isotretinoin, jika anda ingin menggunakan isotretinoin harus dengan resep dokter dahulu karena menimbulkan efek samping.
  3. Pil KB, adalah obat antiadrogen yang dapat menekan aktivitas pertumbuhan sebasea yang mengakibatkan minyak.
  4. Jika makin buruk anda bisa berkonsultasi dengan dokter.

4. JERAWAT PASIR

Jerawat pasir atau bruntusan adalah jerawat yang berbentuk bintik kecil yang apabila dipegang akan terasa kasar dipermukaan kulit. Penyebab terjadinya jerawat pasir ini pada umumnya karena iritasi pada kulit yang mengakibatkan penekanan yang terjadi dipori pori. Biasanya jerawat pasir muncul pada daerah jidat.

Cara mengatasi jerawat pasir, sebagai berikut;

  1. Rutin mencuci wajah dengan sabun yang tidak mengandung alkohol.
  2. Gunakan obat yang mengandung tea tree oil, benzoil peroksida dan sulful.
  3. Jangan terlalu menyentuh jerawat atau mengosokan.

5. JERAWAT BATU

Jerawat batu atau kistik adalah jenis jerawat yang terjadi karena adanya penumpukan minyak dan sel kulit mati dipermukaan kulit. Jerawat batu akan semakin membesar karena terjadi pembengkakan yang disebabkan oleh infeksi bakteri penyebab jerawat. Oleh karena itu, jerawat akan berubah menjadi merah dan lebih besar karena terdapat nanah didalamnya.

Cara mengatasi jerawat batu, sebagai berikut;

  1. Bersihkan wajah dengan pembersih yang bukan sabun.
  2. Dengan tea tree oil.
  3. Es batu, untuk menguranggi peradangan dan rasa nyeri.
  4. Kompres dengan air hangat, untuk melunakkan jerawat yang akan menimbulkan nanah sehingga dapat mempercepat penyembuhan.

KESIMPULAN.

Dari jenis jerawat dan cara mengatasinya diatas, dapat simpulkan bawah kenali dulu jenis jerawat anda lalu tentukan cara menyembuhan. Dengan begitu, anda akan mempercepat penyembuhan jerawat sehingga tidak menimbulkan hal yang tidak diinginkan. Jika jerawat anda makin buruk dari hari ke hari segeralah konsultasi dengan dokter kulit supaya cepat ditanggani dengan cepat. Sekian ulasan tentang jenis jerawat dan cara mengatasinya, selamat membaca ya!!!