Laptop ThinkBook 15p High Performance - Design & Gaming

Laptop ThinkBook 15P High Performance – Bisnis, Design & Gaming

Laptop ThinkBook 15p High Performance – Design & Gaming | Laptop bisnis itu biasanya memiliki performa yang mencukupi dengan daya tahan baterai yang baik dan konstruksi yang mumpuni tapi sayangnya belum banyak Laptop bisnis yang juga memiliki performa tinggi untuk content Creation padahal bisnis masa kini kan umumnya akan selalu terkait dengan pembuatan video dan pekerjaan lain yang kian membutuhkan performa tinggi.

Oleh sebab itu Lenovo menghadirkan Laptop ThinkBook 15p sebuah laptop bisnis berperforma tinggi tetap cukup ringan dan tipis. Dan yang penting harganya masih cukup terjangkau untuk profesional di bidang design. Oke tunggu itu adalah laptop bisnis kelas menengah dari Lenovo dengan harga yang relatif terjangkau Laptop ThinkBook 15p adalah Laptop ThinkBook kelas high-performance yang dirancang untuk segmen professional content Creator dengan layar besar 15,6 Inci.

Laptop ThinkBook 15P High Performance

Biasanya banyak laptop Lenovo thinkpad kita menggunakan hardware kelas hemat daya seperti prosesor Intel U-series atau J-series ya Nah Laptop ThinkBook 15P ini menggunakan hardware seperti yang ada di laptop gaming berperforma tinggi. Memadukan prosesor Intel Core generasi ke-10 komet Lex yang h-series dengan Nvidia GTX 16 series. Hardwarenya memang belum kekinian tapi cukup wajar mengingat update hardware di laptop kelas bisnis biasanya tidak secepat kelas konsumer. Performa dan daya tahan baterainya ternyata memang juga memuaskan. Kita mulai dari spesifikasinya

Spesifikasi Dasar

Laptop ThinkBook 15p

Spesifikasi dulu prosesornya pake Intel Core i7-10750H 6 chord 12 tread 12 MB Intel Smart cache untuk ram-nya 16GB ddr4 2133 Mhz single-channel disediakan dua slot sodium jadi bisa dibuat jadi dua channel.

Ram ini dapat di-upgrade hingga kapasitas 32 GB untuk storage bawaanya ini adalah 512 gb SSD NVMe. tapi tersedia slot ke dua jadi kita bisa menambah kapasitas tanpa mengganggu SSI utamanya menariknya setiap slot m2tube lengkapi dengan heat sink pendingin yang lempengan yang menempel pada penutup bawah laptop jadi pembuangan panasnya lancar.

Nah untuk grafiknya menggunakan NVidia GeForce GTX 650 TI 4 Gigabyte DDR6 versi MAX-Q. Dan menggunakan Nvidia studio driver, nah studi travel ini pada dasarnya mirip seperti game Rally driver hanya saja drivernya telah dioptimalkan dan diuji kestabilannya untuk software-software Content Creation. Perbedaan lainnya adalah studio driver di-update mengikuti perkembangan dari software content Creation tidak seperti game Rally driver yang terus-menerus diupdate mengikuti rezim.

BACA JUGA:  Laptop Gaming Kencang Omen by HP 16-c0099AX

Jadi driver ini punya kecenderungan stabil ya tidak akan terlalu sering updatenya. Nah untuk Intel graphics dia menggunakan Intel UHD graphics mendukung intel quick sync.

Konektifitas

Untuk wireless menggunakan modul Intel WiFi 6 AX201 tentunya support Wifi Ax, Gigabiyte WiFi dan bluetoothV5.2. Untuk episode baterainya 57 What our dengan operating system Windows 10 Home.

Untuk body investornya adalah clamshell dan materialnya adalah aluminium dan dia Sudah diuji ketahanannya dengan standard military spec 810G sehingga terjamin durabilitasnya. Warnanya mineral Gray dari si resign bentuk dan lekukan body Laptop ThinkBook ini tampak mempertahankan desain khas Laptop ThinkBook 15p hanya saja ukurannya lebih besar Karena layarnya 15,6 inci.

Nah ciri khas punggung layar dengan 2 tone warna juga tetap dipertahankan di sini dengan ornamen tulisan ThinkBook di area kanan bawah. Secara seluruh anting 15v punya penampilan khas laptop bisnis yang tampak profesional tapi tetap elegan dan untuk panjangnya 35,9 cm dengan 24,9 cm dan ketebalan 1,99 cm.

Ini tergolong tipis untuk spesifikasi hardware yang dimilikinya ya bobotnya pun masih dibawah 2 kg dikisaran 1,91 kg tergolong ringan lagi-lagi untuk setiap hardwarenya biasanya dengan spek harga segini bobotnya udah di atas 2 kg. Untuk charger ini juga tergolong ringan 477 G charger ini memiliki keluaran daya 135 watt jadi total kalau dibawa bawah itu 2,39 k.

Display Laptop ThinkBook 15P

Untuk display ini adalah layar berukuran 15,6 inchi resolusi full HD 120 kali 1080 piksel 60hz tentunya 16 bukan laptop gaming yang panjangnya adalah IPS 100% sRGB. ia jadi ini bisa dibilang standar dia untuk minimum tingkat color gamut untuk skenario content Creation.

Untuk tingkat kecerahannya 300 menit dan layar ini sudah lolos sertifikasi viucher Ramlan yang menjamin cahaya biru yang dihasilkan oleh layar Ini aman dan nyaman untuk mata.

Llayarnya menggunakan permukaan Anti Glare yang membuat pemakainya jadi lebih nyaman aja dari pantulan pantulan. Bingkai layar sisi kanan dan kiri juga sekarang sudah ditipiskan dan bingkai atas masih sedikit tebal karena ada kamera 720p-@30 FPS.

BACA JUGA:  Cara Merekam Layar di HP Android Tanpa Aplikasi

Laptop ThinkBook 15P 180 derajat

Dan tentunya seperti database lainnya yang ini juga bisa dibuka layarnya Sampai 180° layar juga dapat difungsikan seperti tombol power berkat fitur flights to start di mana laptop akan langsung menyala dari kondisi Mati saat Layar dibuka.

Audio

Nah untuk audio dilengkapi dengan dua buah speaker dari HARMAN dengan suara mengarah mengarah ke permukaan meja atau kealas. Disediakan software Dolby audio untuk mengatur profil audio dan equalizer untuk kualitas suaranya sih keren.

Walaupun bukan yang paling lantang yang pernah kita dengarkan. Untuk konektor di kiri ada 1 dc-in ada satu gigabit ethernet ada satu HDMI ada satu USB3.1 Gen 1, ada satu type C USB 3.2 Gen1 dan ada Audio COmbo Jack 3.5 mm.

Audio Laptop ThinkBook 15P

Keyboard

Keyboard dia menekan keyboard hasting book yang telah dilengkapi dengan tombol 64 pat. Biasanya Laptop ThinkBook 15p itu tidak pakai numpad, karena bodynya rata-rata 13-14 inject yang ini ada.

Tombol panah atas dan bawah punya ukuran setengah dari tombol lainnya seperti keyboard laptop Lenovo lainnya ya. Keyboardnya dilengkapi juga dengan lagu backlight dengan dua tingkat kecerahan ini bisa diubah dengan menekan tombol function + spacebar.

Seperti biasa disediakan juga tombol khusus untuk menerima dan menutup panggilan di Skype for bisnis dan Microsoft teams. Ini umum untuk laptop bisnis lokasi kapal ini ada di tombol F10 dan f11. Disediakan pula tombol service hotkey yang akan membuka halaman website Lenovo support untuk Laptop ThinkBook 15p saat tombol ditekan.

Pada website tersebut pengguna bisa mendapatkan informasi untuk trouble shooting update driver dan bisa cek garansi yang berlaku dan masih banyak lagi disitu. Untuk Toucpad posisinya sejajar dengan tombol spacebar sehingga posisi tangan saat mengetik lebih nyaman.

Tentunya dia sudah pakai Windows precision driver dari segi pengamanan dia sudah lengkapi dengan pengaman biometrik dengan pengenalan sidik jari dengan posisi sensor menyatu dengan tombol power.

Sidik jari juga akan langsung dipindai atau di scan dengan saat tombol power ditekan jadi kita tidak perlu scan ulang lagi di halaman login Windows. Laptop ini dilengkapi juga dengan Tengker yang merupakan produk fisik untuk Kamera laptop sehingga aman.

Kameranya juga bisa dimatikan melalui software dalam fans supaya lebih aman lagi. Nah untuk sistem pendingin laptop Ini menggunakan sistem pendingin dengan dua Hip dan 2 kipas yang mendinginkan CPU GPU cheat DDR6 pch dan komponen vrm.

BACA JUGA:  PLN Ramaikan Dunia Internet Dengan Meluncurkan ICONNET, Mulai Harga Rp 185.000 Per Bulan!

Uniknya posisi kipas di laptop ini ternyata bersebelahan sehingga area pelepasan panas dari JPU dan GPU terpusat pada satu sisi laptop desain sistem pendingin seperti ini langsung mengingatkan kami pada salah satu produk laptop gaming dari Lenovo juga.

Sementara itu untuk hubungan panas ya yaitu dibuang ke arah belakang dan sisi samping kanan.

Buat Gaming

Gaming Laptop ThinkBook 15P

Laptop seperti ini seharusnya bisa buat main gaming. Untuk menguji kita menggunakan dua channel jadi 16giga yang bawaan ditambah dengan 8giga extra.

  • DOTA 2 Full HD Fastest, Render Sacele 100%.
  • Kemudian CS Full HD Low 200-380 FPS. Mau bertanding e-sport bisa pakai laptop ini ni laptop bisnis sudah padahal.
  • GTA V Full HD Perpaduan Very High & Ultra 65-90FPS.
  • Shadow of the Tomb Raider FUll HD High 50-60 FPS.
  • Cyberpunk 2077 Full HD low crowd Density High.

Jadi siapa bilang laptop bisnis ini tidak bisa diajak main game bisa ya kan ia ke lagi kerja juga kadang-kadang butuh ini ya Butuh refreshing sedikit.

Baterei

Oke sekarang kita masuk uji daya tahan baterai. Brighness 50% volume 25%, Intelligent Cooling mode 1080p, Video Playback 12 Jam 5 menit.

Untuk level laptop sekecil ini irit buat browsing 10 Jam 11 menit, kami sejujurnya agak terkejut yang daya tahan baterai seperti itu karena ini tergolong irit. Sekali untuk spesifikasi hardwarenya laptop lain biasanya dengan spek seperti ini daya tahan Baterainya itu bosnya dibawa 10 jam.

Harga dan Garansi Laptop ThinkBook 15P

Kemudian untuk hargalaptop bisnis ini harganya ada dikisaran Rp. 20.369.999,- . Untuk garansi satu tahun untuk default-nya. Nah hal yang perlu di perhatikan tidak ada thunderbolt. Poinnya menarik kita bisa melebar spesifikasi hardwarenya udah siap untuk kerja dengan skenario Content Creation baik dari sisi CPU, GPU, layarnya, ram-nya juga ya dan performa pasalnya tuh kenceng dan stabil untuk ukuran sebuah Core i7.

Jadi jika anda cari Laptop dengan kemampuan bisnis dan juga bisa dibuat main gaming dan punya performa tinggi untuk beragam pekerjaan Bangnazir.com sarankan “Laptop ThinkBook 15p” ini tampaknya bisa dipertimbangkan.