Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil

7 Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Ibu Hamil Terbaru

Apakah bunda tau manfaat  Air kelapa muda?

Air kelapa muda dikenal sebagai minuman pengganti elektrolit untuk orang-orang dengan keluhan sakit perut atau dehidrasi yang parah. Selain itu, air kelapa juga berkhasiat untuk ibu hamil maupun janin.

Anda mungkin sering mendengar nasehat tentang berbagai makanan dan minuman yang di sarankan untuk ibu hamil. Salah satunya adalah air kelapa muda, tidak hanya untuk mencegah dehidrasi, air kelapa juga dikenal baik untuk kesehatan janin. Jika anda ingin tahu apa saja manfaat lain air kelapa muda jika dikonsumsi saat hamil, mari kita simak jawabannya dalam artikel berikut.

Inilah Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil

1. Mencegah Dehidrasi

Kurang lebih 95% kandungan air kelapa adalah air murni yang bisa mencegah dehidrasi dan juga dapat mengurangi lelah dan lemas. Air kelapa berperan sebagi pengganti kadar elektrolit yang hilang pada tubuh karna berkeringat.        Keseimbangan elektrolit pada air kelapa setara dengan yang di temukan dalam tubuh kita                                                  Namun air putih tetap yang paling baik untuk menghidrasi tubuh .

BACA JUGA:  Inilah 7 Cara Tepat Menjaga Kesehatan Mata Agar Tetap Sehat

2. Mengurangi Mual dan Muntah

Selain mencegah dehidrasi, air kelapa juga memiliki manfaat dalam mengurangi mual dan muntah (morning sickness) pada ibu hamil.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Indian Journal of Public Health Research and Development, air kelapa muda dapat membantu menjaga kadar pH dalam tubuh.

Hal ini membuat air kelapa mampu mengatur keasaman di lambung, mengurangi rasa mual, dan meningkatkan metabolisme.

Air kelapa juga bermanfaat untuk menggantikan cairan tubuh ibu hamil yang hilang akibat mual dan muntah.

3. Meningkatkan Perkembangan Janin

Vitamin dan mineral di butuhkan saat dalam masa kehamilan untuk menunjang perkembangan janin. Anda bisa mendapatkannya dalam air kelapa muda yang tinggi vitamin dan mineral.

Dalam jurnal yang diterbitkan Advanced Biomedical Research, mineral yang terkandung di dalam air kelapa muda memiliki manfaat untuk menurunkan risiko berat badan bayi lahir rendah (BBLR) dan preeklampsia.

Namun, bukan berarti ibu hamil hanya minum air kelapa untuk mendapatkan vitamin dan mineral. Anda juga perlu mengonsumsi makanan sehat lain yang dibutuhkan untuk kesehatan janin dan ibu.

4. Mencegah infeksi saluran kemih

Air kelapa muda dipercaya dapat mencegah infeksi saluran kemih. Karna air kelapa dapat membantu  membersihkan saluran kemih dan kandung kemih .

Selain itu, air kelapa muda juga dipercaya mampu meningkatkan fungsi ginjal dan menurunkan tekanan darah tinggi, Air kelapa muda memiliki kandungan kalium yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Namun  masih  dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan hal ini.

BACA JUGA:  Inilah Daftar Menu Diet Golongan Darah O Seminggu

5. Meningkatkan  Kekebalan tubuh

Ternyata air kelapa muda juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita lhoo. Karna air kelapa memiliki kandungan antioksidan, vitamin dan mineral di dalamnya.Dan anti oksidan juga bermanfaat untuk melindungi ibu dan janin dari berbagai macam penyakit.

Kandungan tinggi asam larut dalam air juga mengansung monolaurin (anti virus dan anti bakteri).Kandungan ini juga membantu meningkatkan kekebalan dna melawan penyakit dala tubuh kita.

6. Menurunkan tekanan darah

Jika ibu hamil memiliki tekanan darah tinggi (hipertensi) saat hamil,air kelapa dapat membantu menurunkannya.    Dan sebaliknya, ibu hamil harus menghidari minum air kelapa jika memiliki  riwayat atau potensi tekaanan darah.

Namun, minuman ini tidak bisa menjadi pengganti obat tekanan darah tinggi atau preeklampsia. Konsultasikan lebih dahulu dengan  dengan dokter untuk mendapatkan obat yang cocok dengan kondisi kehamilan anda.

7. Rendah Lemak dan Kalori

Jika anda mengalami kenaikam berat badan saat hamil,cobalah untuk  rutin mengkonsumsi air kelapa muda.karna air kelapa muda memiliki sedikit kalori dan bebas lemak sehingga dapat membantu menjaga dan mengkontrol berat badan pada ibu hamil.