manfaat daun ketapang untuk ikan cupang

Manfaat Daun Ketapang Untuk Ikan Cupang

Manfaat daun ketapang untuk ikan cupang salah satunya adalah untuk menetralkan PH air. Sehingga daun ketapang menjadi buruan para breeder ikan cupang.

Bahkan kini daun ketapang juga banyak dijual secara online di marketplace. Baik yang sudah diolah dan siap pakai maupun yang masih belum diolah.

Ada dua jenis pohon ketapang yang dimanfaatkan daunnya yaitu ketapang darat dan ketapang laut. Dari namanya kita bisa menebak bahwa ketapang darat merupakan tanaman ketapang yang hidup di darat. Sedangkan ketapang laut merupakan pohon ketapang yang tumbuh di area pesisir pantai.

Manfaat Daun Ketapang Untuk Ikan Cupang

Pohon ketapang bisanya banyak digunakan sebagai tanaman perindang. Biasanya banyak terdapat di tepi jalan atau tempat parkir yang luas seperti tempat parkir swalayan atau rumah sakit.

Berikut ini beberapa manfaat daun ketapang untuk ikan cupang.

1. Menstabilkan PH Air

Menambahkan daun ketapang pada air yang digunakan untuk memelihara ikan cupang dapat merubah PH air. Karena biasanya air yang biasa kita pakai memiliki kadar PH yang tinggi. Dengan adanya tambahan daun ketapang dapat menstabilkan PH air.

2. Mencegah Stres Ikan Cupang

BACA JUGA:  Cara Ternak Ikan Guppy Cendolan Untuk Pemula

Ikan cupang bisa menjadi stres karena kadar PH yang terlalu tinggi. Dengan menambahkan daun ketapang, dapat membuat PH menjadi normal dan ikan cupang menjadi lebih nyaman. Selain itu tanin yang terdapat dalam daun ketapang membuat ikan cupang nyaman seperti di habitat aslinya

3. Mengobati Luka

Manfaat daun ketapang yang ketiga adalah untuk mengobati luka. Dengan menambahkan daun ketapang dapat membantu mengobati luka ikan cupang yang didapat dari perkelahian atau dari perkawinan. Daun ketapang mengandung tanin yang dapat menjadi obat bagi ikan cupang.

4. Membantu Proses Perkembangbiakan

Salah satu cara mengawinkan ikan cupang adalah dengan menambahkan daun ketapang. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, daun ketapang dapat merubah PH air sehingga ikan cupang dapat berkembang biak dengan nyaman.

Bagaimana Cara Mengolah Daun Ketapang Untuk Ikan Cupang?

Untuk mendapatkan manfaat daun ketapang secara maksimal, sebaiknya daun ketapang diolah terlebih dahulu sebelum digunakan untuk menghilangkan minyak dan kotoran yang menempel. Caranya:
  1. Cuci bersih daun ketapang yang baru diambil.
  2. Siapkan ember/bak kemudian masukkan air dan masukkan garam ikan secukupya.
  3. Masukkan daun ketapang kedalam ember/bak tersebut dan rendam kurang lebih selama 24 jam.
  4. Setelah direndam 24 jam, ambil dan jemur dibawah terik sinar matahari langsung.
  5. Terakhir, setelah kering, daun ketapang siap untuk digunakan.

Apakah Manfaat Daun Ketapang Bisa Untuk Ikan Lain?

Selain untuk ikan cupang, manfaat daun ketapang dapat digunakan untuk budidaya ikan hias air tawar lainnya seperti ikan platy, ikan guppy, ikan neon tetra, ikan mandfish dan jenis ikan hias lainnya.

BACA JUGA:  Cara Merawat Ikan Cupang Agar Cepat Besar

Berapa Hari Sekali Mengganti Air Cupang?

Untuk mengganti air pada ikan cupang sebaiknaya 2-3 hari sekali dan maksimal seminggu sekali. Dengan rutin mengganti air akan membuat ikan cupang nyaman dan dapat bertahan hidup lebih lama.