Sejuta Manfaat Buah dan Daun Pohon Bidara Arab Untuk Kesehatan Hingga Kecantikan

Sejuta Manfaat Buah dan Daun Pohon Bidara Arab Untuk Kesehatan Hingga Kecantikan

Apakah kamu tau dan pernah menjumpai pohon bidara arab? Pohon bidara arab merupakan salah satu jenis tanaman perdu atau pohon kecil, biasanya bengkok, dan tingginya bisa mencapai 15m, sementara besar batangnya mencapai 40 cm dengan ranting dan cabang yang diselimuti duri. Pohon ini memiliki daun yang lebat berwarna hijau serta memiliki helai daun yang berbentuk bundar telur menjorong atau jorong lonjong.

Tanaman ini diperkirakan berasal dari Asia Tengah, dan kini telah menyebar alami di berbagai belahan dunia. Namun yang mengembangkannya secara komersial hanyalah bebrapa negara saja seperti India, Tiongkok, dan sedikit di Thailand. di indonesia sendiri pohon bidara arab bayak di jumpai di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

Pohon Bidara ini dapat tumbuh dengan baik di wilayah yang memiliki musim kering yang jelas. Kualitas buahnya akan semakin bagus jika tumbuh pada lingkungan yang panas, kaya cahaya matahari, dan cukup kering.

Meski belum begitu populer bahkan mungkin terasa asing bagi sebagian masyarakat, namun manfaat tumbuhan ini untuk kesehatan pantas mendapatkan perhatian lebih. Selain dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, masih banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari buah bidara.

Buah bidara mengandung banyak nutrisi dan senyawa bioaktif di dalamnya. Buah bidara paling baik dikonsumsi saat kondisinya masih segar ketika sedang setengah matang atau ketika warnanya hijau dengan sedikit bercak merah. Karena saat masih seperti itu buah bidara memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang manis asam.

Kandungan Buah Bidara

Jika di nilai dari kandungan gizinya, buah bidara ini berpotensi sebagai sumber vitamin C yang baik untuk tubuh. Buah ini kaya akan kandungan air sehingga bagus dikonsumsi untuk mencegah dehidrasi. Tak cukup sampai disitu, buah ini juga mengandung beragam mineral dan senyawa bioaktif yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

BACA JUGA:  Menu Diet Telur Seminggu Langsung Turun 7 kg

Dalam 100 gram buah bidara terkandung sekitar:

  • 17 gram karbohidrat
  • 65–75 mg vitamin C
  • 27 mg fosfor
  • 25,5 mg kalsium
  • 0,8- 1,8 mg zat besi

Disamping itu, buah bidara juga mengandung beberapa mineral lain yang meliputi sodium, kalium, mangan, zinc, tembaga, serta beragam senyawa bioaktif, seperti, fenol, flavonoid, saponin, asam triterpenat, dan fenol

Manfaat Buah Bidara

1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Kandungan vitamin C pada 100 g yang terdapat dalam buah bidara bisa memenuhi hampir 100% kebutuhan vitamin C harian tubuh kita. Vitamin ini berfungsi untuk mendukung kerja sel-sel imun untuk melawan infeksi ataupun menghasikan antibodi.

Tidak hanya terhadap infeksi, imunitas yang baik juga dapat melindungi tubuh dari penyakit-penyakit kronis, misalnya penyakit kanker. Ditambah lagi, buah bidara juga mengandung banyak asam triterpenat yang pernah terbukti dapat melawan dan membunuh sel kanker melanoma. Akan tetapi hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

2. Menangkal Radikal Bebas

Buah bidara memiliki aktivitas antioksidan yang sangat kuat karena adanya beragam senyawa bioaktif  yang terkandung di dalamnya. Antioksidan ini sangat diperlukan tubuh untuk menangkal efek radikal bebas berlebih yang berisiko merusak sel-sel tubuh dan memicu terjadinya berbagai masalah kesehatan, mulai dari penuaan dini hingga penyakit jantung.

3. Menurunkan Kadar Gula Darah

Saponin dan tanin yang terkandung dalam buah bidara bermanfaat untuk meningkatkan produksi hormon insulin dan meningkatkan penyerapan gula darah ke dalam sel tubuh, khususnya pada kondisi diabetes. Meski begitu manfaat buah bidara ini masih dibuktikan sebatas pada hewan, sehingga harus diteliti lebih lanjut.

4. Melindungi Hati dari Kerusakan

Hati adalah organ tubuh yang sebenarnya tidak mudah mengalami kerusakan. Namun, sekalinya mengalami kerusakan, jaringan hati tidak bisa normal kembali dan fungsinya akan menurun drastis.

Manfaat buah bidara dalam melindungi jaringan hati di dapat dari kandungan senyawa bioaktifnya. Aktivitas antioksidan dari senyawa-senyawa ini dapat melindungi hati dari paparan senyawa kimia dan peradangan yang bisa menyebabkan berbagai penyakit hati, seperti kanker dan siriosis hati.

BACA JUGA:  Wajib di Coba, Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Meski sebagian manfaat buah bidara masih memerlukan penelitian lebih lanjut, tidak ada salahnya kamu menjadikan buah ini sebagai camilan sehat untuk mendapatkan kandungan nutrisi dan antioksidan di dalamnya.

Selain buahnya yang memberi beragam manfaaat, daun bidara juga tak kalah berkhasiat untuk kesehatan loo, tetap simak sampai akhir yaa..

Manfaat Daun Bidara

Daun muda pada pohon Bidara dapat dimanfaatkan sebagai sayuran. Sedamgkan air rebusan daun bidara juga bisa diminum sebagai jamu. Dan juga daun-daun ini akan mengeluarkan busa seperti sabun ketika diremas dengan air, dan sering digunakan untuk memandikan orang yang sakit demam. Berikut ini manfaat lain dsari daun pohon bidara, antara lain:

1. Mengatasi jerawat

daun bidara ternyata juga mampu membantu mengatasi masalah jerawat, pasalnya daun bidara memiliki kandungan antibakteri yang diyakini dapat membantu mengatasi jerawat. Efek dari daun bidara ini juga bagus untuk merawat kesehatan kulit, termasuk untuk mengatasi jerawat. caranya cukup mudah, berikut ini langkah-langkahnya.

  • Siapkan kurang lebih 5 lembar daun bidara.
  • Kemudian tumbuk daun tersebut hingga halus.
  • Selanjutntya , beri sedikit air atau perasan lemon hingga mengental.
  • Lalu aplikasikan pada bagian yang berjerawat atau gunakan sebagai masker.
  • Setelah itu diamkan hingga mengering selama kurang lebih 20 menit.
  • Terakhir bilas menggunakan air hingga bersih.

Lakukan perawatan ini sebanyak 3-4 kali dalam seminggu, rutin selama 2 bulan. Jika ingin lebih praktis lagi, kamu juga bisa menggunakan bubuk ekstrak daun bidara yang dijual di toko herbal atau apotek.

2. Mencegah Penuaan Dini

Selain dapat membantu mengatasi masalah jerawat, manfaat daun bidara yang selanjutnya yaitu dapat membantu mencegah penuaan dini contohnya dapat membantu mencegah keriput dan juga lingkaran hitam yang ada di bawah mata . Caranya cukup mudah, kamu bisa menggunakan daun bidara sebagai masker seperti ketika membuat masker untuk mengatasi jerawat. selain itu kamu juga bisa menggunakan serbuk daun bidara yang dicampur dengan madu atau perasan lemon yang dijadikan pasta, lalu aplikasikan pada wajah dan diamkan hingga mengering. Kemudian bilas menggunakan air hangat hingga benar-benar bersih. Lakukan perawatan ini dua kali seminggu agar wajah kamu berseri dan mengurangi garis halus pada wajah.

BACA JUGA:  Cara Memutihkan Selakangan yang Hitam Secara Alami

3. Mempercepat Penyembuhan Luka

Daun bidara memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri. Keduanya sangat membantu dalam mempercepat proses regenerasi kulit. Luka sayatan, gores, dan lecet dapat disembuhkan dengan dibantu menggunakan daun bidara ini. Dan senyawa glikosida yang terkandung dalam daun bidara juga dapat membantu menghilangkan bekas luka dan menyembuhkan luka bakar.

Caranya cukup mudah, kamu cukuo meminum air rebusan daun bidara.  atau juga bisa mengggunakan bubuk ekstrak daun bidara, yang  dicampur dengan sedikit air hingga menjadi pasta. Lalu aplikasikan pada area yang terluka.

4. Mengatasi Sariawan

Khasiat daun bidara yang selanjutnya yaitu untuk membantu mengatasi sariawan. Pasalnya, daun bidara memiliki kandungan antioksidan di dalamnya, yang dapat membantu mencegah bakteri berada di dalam mulut. sehingga dapat membantu mengatasi berbagai masalah mulut, seperti sariawan dan bibir pecah-pecah.

5. Mengatasi Insomnia

Manfaat daun bidara yang ke-lima adalah dapat membantu mengatasi insomnia. Saponin yang yang terkandung dalam daun bidara berkhasiat untuk memberikan efek yang menenangkan. Untuk itu, kamu bisa mengonsumsinya dalam bentuk teh. Daun bidara dapat berperan sebagai obat tidur alami yang baik sekaligus sebagai peningkat kualitas tidur anda.

6. Perawatan Rambut

Khasiat daun bidara yang selanjutnya adalah untuk merawat rambut. Dalam hak ini, daun bidara diyakini dapat mencegah kerontokan dan membuat rambut menjadi lebih kuat. Aturan pakainya cukup simple, yaitu kamu hanya perlu menggunakan air rebusan daun bidara sebagai hair tonic.

Selain ke-enam manfaaat diatas, daun bidara juga di percaya dapat membantu mengatasi masalah lambung dan pencernaa, menjaga berat badan, hingga menjaga kesehatan jantung.

Penelitian mengenai tumbuhan bidara ini memang belum banyak, jika kamu masih ragu untuk mengkonsumsinya, silahkan berkonsultasi terlebih dahulu oada dokter, terutama jika kamu dalam keadaan hamil, menderita diabetes, atau alergi terhadap lateks.

Demikian informasi mengenai manfaat daun dan buah dari pohon bidara arab. Terimakasih telah berkunjung ke halaman kami, semoga info-info yang kami sajikan dapat bermanfaat untuk para pembaca.