Sejuta Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan Ginjal Hingga Organ Hati

Sejuta Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan Ginjal Hingga Organ Hati

Siapa yang tak tau seledri, seledri merupakan tumbuhan yang memiliki nama latin Apium graveolens ini memiliki ciri aroma yang khas dan tekstur yang garing. Yaa, seledri dikenal sebagai sayuran yang kerap dijadikan sebagai bahan pelengkap masakan. Tapi di samping itu mungkin kamu tak menyadari betapa banyak manfaat daun seledri untuk kesehatan tubuh.

Nutrisi yang terkandung dalam seledri sendiri memang tak bisa diragukan lagi, Karena tanaman ini diketahui mengandung banyak gizi, vitamin serta antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh. Seledri merupakan salah satu bagian dari suku anggota Apiaceae (tumbuhan berbunga), yang meliputi wortel,  seleriak, peterseli, serta parsnip. Memiliki batang yang renyah membuat sayuran ini menjadi camilan rendah kalori yang populer. Serat dalam seledri juga bermanfaat untuk sistem pencernaan dan kardiovaskular. Dan masih banyak lagi manfaat daun seledri yang harus kamu ketahui.

Kandungan Nutrisi pada Daun Seledri

Sekitar kurang lebih 100 gram seledri, terkandung setidaknya 14 kalori dan beragam nutrisi lainnya, antara lain:

  1. 40 miligram kalsium
  2. 80 miligram natrium
  3. 260 miligram kalium
  4. 2,5–3 gram karbohidrat
  5. 1,5 gram serat
  6. 0,7 gram protein
  7. 1,3 gram gula
  8. 29–30 mikrogram vitamin K

Disamping itu, daun seledri juga mengandung antioksidan flavonoid serta beragam vitamin dan mineral, seperti zinc, tembaga, kolin, zat besi, magnesium, folat, vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K.

Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan

Selain kerap digunakan sebagai pelengkap bahan masakan, belakangan ini banyak orang yang mengonsumsi seledri dalam bentuk jus.Jadi sebenarnya apa manfaat daun seledri untuk kesehatan tubu? Berikut ini adalah beberapa manfaat daun seledri untuk kesehatan tubuh.

BACA JUGA:  Sejuta Manfaat Buah dan Daun Pohon Bidara Arab Untuk Kesehatan Hingga Kecantikan

1. Bantu Turunkan Tekanan Darah

Apakah kamu tau? Daun seledri  ternyata juga memiliki manfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah. Dalam sebuah penelitian dari Journal of Medicinal Food yang dilakukan pada tahun 2014 mengenai dampak penggunaan ekstrak biji seledri pada tekanan darah. Sebuah penelitian yang di lakukan menggunakan media hewan tersebut yang mengungkapkan bahwa ekstrak biji seledri ternyata dapat membantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Meski demikian, untuk memastikan kebenarannya, masih harus melakukan penelitian lebih lanjut pada manusia.

Selain itu, pada penelitian lain yang dilakukan pada tahun 2016 menyarankan orang dengan tekanan darah tinggi untuk mengonsumsi makanan yang lebih banyak kandungan serat. Mengingat seledri merupakan sayuran yang kaya akan serat, kamu bisa memasukkan sayuran ini ke dalam daftar menu makanan harian jika ingin menurunkan tekanan darah.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol Tubuh

Salah satu manfaat seledri untuk kesehatan adalah membantu menurunkan kadar kolesterol yang ada dalam tubuh. Pada sebuah penelitian yang di lakukan pada tahun 2014 lalu juga ikut membuktikan bahwa seledri memang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL (Low Density Lipoprotein)

Ketika kadar LDL dalam darah terlalu banyak, risiko mengalami penyakit jantung dan stroke pun semakin meningkat. Ekstrak seledri tak hanya mampu membantu menurunkan kolesterol jahat, tetapi juga trigliserida dalam darah.Bahkan, mengonsumsi seledri juga dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Karenanya, jika ingin mengurangi risiko dari berbagai penyakit serius tersebut, kamu bisa memasukkan seledri ke dalam daftar menu makanan harian.

3. Mencegah Dehidrasi

Hasil dari sebuah penelitian mengungkapkan bahwa, seledri termasuk salah satu sayuran yang memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 tersebut juga menyatakan bahwa kandungan air di dalam seledri berkisar antara 90-99 persen. Tak perlu heran jika seledri ini memiliki manfaat dalam menjaga tubuh agar tetap terhidrasi.

BACA JUGA:  Cara Memutihkan Selakangan yang Hitam Secara Alami

Maka dari itu, kamu dapat mengonsumsi sayuran yang satu ini untuk membantu tubuh agar tidak  dehidrasi. Ya, Karena Tingginya kadar air dalam seledri membuat sayuran ini dapat membantu kamu memenuhi kebutuhan cairan tubuh harian.

4. Mencegah Peradangan

Manfaat lain yang bisa kamu rasakan dari mengkonsumsi seledri adalah pencegahan terhadap peradangan. Dikarenakan, seledri memiliki kandungan apigenin yang memiliki sifat antiinflamasi, antibakteri, antivirus, serta antioksidan yang juga dapat melakukan perlawanan terhadap radikal bebas sebagai pemicu penyakit kanker.

Sebuah penelitian yang di lakukan pada tahun 2015 telah membuktikan bahwa apigenin dan makanan yang kaya akan apigenin berpotensi membantu mengurangi inflamasi atau peradangan sekaligus mengembalikan keseimbangan pada sistem kekebalan tubuh yang sempat melemah.

5. Menjaga Kesehatan Organ Hati

Seledri ternyata juga memiliki peranan penting untuk membantu menjaga kesehatan organ hati. Pasalnya, ekstrak metanol dari biji seledri dapat membantu melindungi hati dari kerusakan. Ketika hati mengalami kerusakan, pemeriksaan laboratorium dapat menunjukkan hasil abnormal seperti peningkatan albumin, SGOT, SGPT, dan total protein.

Tahukah kamu, ternyata ekstrak dari daun seledri dapat menurunkan hasil-hasil abnormal tersebut lhoo. Pada saat jaringan hati dilihat menggunakan mikroskop, terlihat adanya perbaikan struktur jaringan hati setelah pemberian ekstrak daun seledri. Selain itu, sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2015 menyatakan bahwa, kandungan antioksidan yang terdapat dalam seledri juga memiliki peranan penting untuk pengobatan untuk berbagai masalah liver.

6. Mencegah Pembentukan Batu Ginjal

Seledri adalah salah satu jenis sayuran yang kaya akan kandungan kalium dan antioksidan. Zat tersebut diketahui mampu membantu mencegah penumpukan atau pengendapan mineral di dalam ginjal, sehingga memperkecil risiko terbentuknya batu ginjal.

BACA JUGA:  Inilah 7 Cara Tepat Menjaga Kesehatan Mata Agar Tetap Sehat

Tak cukup sampai disitu, seledri juga memiliki kandungan air yang banyak. Karena kandungan kalium dan air yang cukup tinggi, seledri dapat membantu tubuh lebih banyak membuang zat sisa dan racun melalui urine. Hal inilah yang menjadikan seledri baik dikonsumsi untuk membantu proses detoksifikasi sekaligus mencegah batu ginjal.

7. Mengurangi Resiko Gagal Ginjal

Sel tubuh yang sering terpapar radikal bebas lebih beresiko mengalami kerusakan. Dan hal tersebut dapat memicu gangguan fungsi atau bahkan kerusakan organ tertentu, termasuk ginjal. Dan apabila terdapat kerusakan pada ginjal, risiko untuk terjadinya gagal ginjal akan semakin besar. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, cukupilah asupan antioksidan dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, dan salah satunya bisa kamu dapat dari seledri.

Menurut berbagai penelitian, antioksidan terbukti mampu mencegah kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas. Serta efek ini menjadikan seledri yang kaya akan antioksidan bermanfaat untuk membantu mencegah kerusakan ginjal. Selain itu, antioksidan juga diketahui dapat mengoptimalkan kinerja ginjal secara menyeluruh.

Daun seledri memang kaya manfaat untuk kesehatan. meski begitu, klaim manfaat daun seledri untuk ginjal hingga kini masih memerlukan penelitian lebih lanjut lagi. Oleh sebab itu, hingga kini seledri belum terbukti dapat digunakan sebagai pengobatan penyakit ginjal.

Apabila kamu memiliki penyakit ginjal atau gangguan kesehatan lainnya, lebih baik kamu tetap berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mencoba untuk mengonsumsi seledri untuk metode pengobatan alternatif.

Demikian info seputar manfaat daun seledri untuk kesehatan ginjal hingga organ hati. Terimakasih telah mampir di halaman kami, semoga setiap info yang kami suguhkan dapat bermanfaat untuk para pembaca.