Tanggal 3 Desember Memperingati Hari Apa. Ini Sejarah Lengkapnya.

Tanggal 3 Desember Memperingati Hari Apa? Ini Sejarah Lengkapnya.

Tanggal 3 Desember memperingati hari apa ? 3 Desember di peringati Hari Disabilitas International setiap tahunnya. Mengutip langsung dari halaman Kemensos, tema yang di usung pada peringatan Hari Disabilitas International tahun  2021 adalah Kepemimpinan dan Partisipasi Penyandang Disabilitas Menuju Tatanan Dunia yang Inklusif, Aksesibel dan Berkelanjutan Pasca Covid-19.

Tanggal 3 Desember memperingati hari apa ? Peringatan HDI tiap tahun dimaksudkan untuk menjawab tantangan dan persoalan yang banayak ditemui oleh para penyandang disabilitas. Peringatan HDI memiliki tujuan  untuk meningkatkan kesadaran warga mengenai disabilitas, dan menghilangkan stigma pada penyandang disabiitas. Serta memberi dukungan untuk meningkatkan kemandirian dan persamaan hak bagi penyandang disabilitas dalam berbagai aspek kehidupan.

Dalam artikel berikut ini, bangnazir.com akan membagikan  tentang sejarah dan logo peringatan HDI (Hari Disabilitas International) tahun 2021.

Sejarah HDI (Hari Disabilitas International)

Dikutip langsung dari situs Dinsos Riau, Hari Disabilitas Internasional (HDI) di tanggal 3 Desember sudah tettapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) semenjak tahun 1992. Pada tahun 2006, PBB juga telah  menetapkan Konvensi Hak-Hak Penyandang Disabilitas (UNCRPD).

UNCRPD hingga kini sudah diratifikasi oleh 164 negara, dan Indonesia juga tercatat di dalamnya. Menurut UNCRPD, disabilitas adalah hubungan di antara kebatasan peranan pribadi (mobilisasi, pandangan, pendengaran dan komunikasi) dengan keadaan lingkungan sekitar yang menghalangi keterlibatan aktif dan efisien dalam masyarakat.

BACA JUGA:  Tanggal 4 Desember Memperingati Hari Apa?

Yang berarti, pribadi yang mempunyai kebatasan peranan (impairment) bisa menjadi disabilitas saat bertemu dengan kendala lingkungan (disabled). Seperti sarana yang tidak aksesibel, tidak terdapatnya alat tolong atau pemahaman negatif warga.

Dengan kata lain, disabilitas berbeda dengan diagnosa medis yang menjelaskan keadaan kebatasan fungsi, tapi lebih menerangkan bagaimana pribadi bisa berperan dalam lingkungnnya.

Imbas disabilitas di beberapa bidang sudah menjadikan sebuah peristiwa yang kompleks, saat kepentingan pribadi dengan kebatasan peranan tidak bisa terakomodasi oleh lingkungannya (hambatan). Karena itu akses untuk memperoleh servis umum akan terbatas dan akan menghalangi keterlibatan penyandang disabilitas, khususnya dalam aktivitas sosial ekonomi.

Rendahnya tingkat keterlibatan berimplikasi pada tingginya angka kemiskinan yang selanjutnya akan meningkatkan  resiko penyandang disabilitas.

Anak dengan disabilitas tidak mendapat pendisikan yang layak dan orang dewasa dengan disabilitas tidak memperoleh peluang bekerja yang sama dengan orang non disabilitas lainnya. Hal ini menjadi contoh nyata yang dirasakan oleh penyandang disabilitas sejauh ini.

Peringatan Hari Disabilitas 2021

Mengutip langsung dari website United Nations, acara peringatan Hari Disabilitas Internattional tahun ini akan meliputi perwakilan dari beberapa negara anggota, beberapa kantor PBB, organisasi penyandang disabilitas, warga sipil, dan bidang swasta.

Disamping itu, acara ini juga akan membahas alat – alat mekanisme PBB yang juga menjadi wujud pengembangan untuk strategi Inklusi Disabilitas PBB. Kemitraan PBB mengenai Hak-Hak Penyandang Disabilitas, UNWomen, dan Bank Dunia.

BACA JUGA:  Tanggal 1 Desember Memperingati Hari Apa? Ini Jawabannya

Logo Hari Disabilitas 2021

Berikut ini adalah logo yang akan digunakan dalam peringatan HDI (Hari Disabilitas International) Tahun 2021.

 

Akhir Kata

Demikian informasi yang dapat kita sampaikan mengenai Peringatan 3 Desember. Hal ini untuk menjawab pertanyaan  Tanggal 3 Desember Memperingati Hari Apa. Jangan lupa untuk terus mengupdate informasi melalui bangnazir.com untuk mendapatkan berita menarik lainnya