8 Aplikasi Berbahaya Bisa Pulsa Pengguna Android

Waspada! 8 Aplikasi Berbahaya Bisa Sedot Pulsa Pengguna Android

Bangnazir.com – Periset keamanan kembali mendapati program Android beresiko yang digunakan untuk menebarkan malware penghisap pulsa. Parahnya, beberapa aplikasi ini telah didownload 3 juta kali!

Malware yang dinamakan ‘Autolycos’ ini termasuk masih lumayan baru. Maxime Ingrao, periset keamanan dari Evina mendapati malware ini sembunyi di delapan program Android yang berada di Google Play Toko.

Untungnya, sekarang ini delapan program beresiko itu telah dihapus oleh Google. Walau demikian, saat sebelum dihapus beberapa aplikasi ini kelihatannya telah makan cukup beberapa korban karena telah didownload lebih dari 3 juta kali.

Dua program, Vlog Star Video Editor dan Creative 3D Launcher, bahkan juga telah didownload lebih satu juta kali. Berikut urutan lengkap delapan program beresiko terkini yang bawa malware Autolycos, seperti diambil dari Bleeping Komputer, Kamis (14/7/2022).

1. Vlog Star Video Editor – 1.000.000 Unduh

Vlog Star adalah editor video lengkap untuk YouTuber dan Vlogger. Jika Anda baru mulai mencoba membuat konten dengan ponsel Anda atau ingin melakukan pengeditan yang cepat namun menakjubkan dengan jepretan kamera ponsel Anda. Vlog Star adalah pilihan terbaik Anda!unduh

2. Creative 3D Launcher – 1.000.000 unduh

adalah gaya peluncur keren dengan banyak fitur berharga, tema keren, wallpaper cantik

3. Funny Kamera – 500.000 unduh

Funny camera adalah salah satu aplikasi edit foto yang tengah diminati banyak orang saat ini. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur dan efek yang bisa membuat foto kamu tampak lebih keren.

BACA JUGA:  Aplikasi Kamera Dslr Android Terbaik Untuk Dicoba

4. Wow Beauty Kamera – 100.000 unduh

Coba Wow Camera untuk mengambil selfie manis, filter wajah & riasan! Berbagai filter kamera langsung ada di aplikasi ini termasuk filter anjing, kucing, filter kelinci, dan trending.

5. Gif Emoji Keyboard – 100.000 unduh
6. Razer Keyboard dan Theme – 50.000 unduh
7. Freeglow Kamera 1.0.0 – 5.000 unduh
8. Coco Kamera v1.1 – 1.000 unduh

Ingrao menjelaskan dia mendapati beberapa aplikasi nakal ini pada Juni 2021 dan langsung memberikan laporan penemuannya ke Google. Tetapi Google baru ambil perlakuan 6 bulan selanjutnya dan cuma hapus enam program dari Play Toko.

Dua program yang lain, Funny Kamera dan Razer Keyboard dan Theme, baru ditangkap dari Play Toko sesudah BleepingComputer mengeluarkan artikelnya.

Autolycos sendiri sebagai malware yang dapat bertindak beresiko secara sembunyi-sembunyi, seperti terhubung URL di browser remote dan masukkan hasilnya dalam keinginan HTTP bukannya memakai Webview.

Dalam beberapa kasus, program yang dimasuki malware ini dapat minta ijin untuk terhubung content SMS pemakai. Ujungnya, malware ini akan mendaftar pemakai ke service abonemen premium dan mengisap pulsa pemakai atau membuat bill jadi membesar.

Walau telah dihapus oleh Google, beberapa aplikasi ini masih mempunyai resiko yang lumayan besar. Pemakai Android yang telah telanjur mengambil delapan program beresiko ini disarankan untuk selekasnya menghapusinya dari handphone.

BACA JUGA:  Apa Pengertian TV Digital Contoh Merk TV Digital Secara Umum?

Pemakai Android disuruh untuk memantau pemakaian internet di latar belakang dan konsumsi battery, aktifkan Google Play Proteksi dan meminimalkan jumlah program yang didownload di pirantinya.